0
25 Des


Sepulang dari suatu acara pelatihan wirausaha jalanan benar-benar macet. Maka perjalanan yang biasanya hanya ditempuh dengan waktu setengah jam namun kini waktu sudah berlalu 1 jam pun belum juga nyame ke tempat tujuan. Di tengah perjalanan ada seorang teman berkata pada Pak Polisi yang sedang mengatur jalannya lalu lintas. "Pak, Boleh belok kiri untuk mengurangi kemacetan? ".Kemudian Pak Polisi pun mengizinkannya. ternyata keputusan tersebut sangatlah tepat dan kami pun akhirnya segera sampai di tempat tujuan. Bisa dibayangkan bila kami tidak mengambil jalan alternatif tersebut dan tetap pada jalur yang biasa kami lalui mungkin berapa jam kami terjebak macet di jalanan.

Sahabatku terkadang kita harus mengambil suatu tindakan di luar kebiasaan, karena bila kita selalu mengambl cara-cara yang biasa maka kita kan susah keluar dari masalah dan mungkin kita akan tertinggal oleh yang lain.

Jadi mari kita mencoba untuk melakukan perubahan dalam hidup kita supaya kehidupan menjadi jauh lebih baik dengan cara melakukan hal - hal baru atau istilah lain jan yang berbeda karean itu merupakan salah satu ciri orang yang kreatif

wassallam

Dikirim pada 25 Desember 2011 di Uncategories


Namanya Apep memberikan inspirasi baru , inilah kisahnya.

Bulan Juli 2011 merupakan bulan yang membuatnya untuk berpikir keras. bagaimana tidakbulan itu adalah bulandia terakhir bekerja, yang lebih memaksanya berpikir adalah bulan berikutnya yaitu bulan Agustus bertepatan dengan bulan Romadhon yang mana butuh persiapan untuk menghadapi idul Fitri. Sebenarnya idul Fitri itu bukan untukmemberatkan , namun kebudayaanlah yang memberatkannya seperti suatu yang diharuskan untuk membeli bahan makanan dan pakaian yang digunakanpada sat merayakannya ditambah lagi ada kebiasaan mudik yang tidak membutuhkan biaya yang sedikit.

Akhirnya setelah kesepakatan kontrak kerja sudah habis maka resmilah Apepe unutk tidak bekerja lagi. Namun dari sanalah awal pencerahan dimulai. Apepe mulai rajin mendekatkan diri pada Alloh SWT , lebih banyak bertafakur dan berdoa lebih rajin , serta melaksanakan ibadah ritual. dalam do`anya selalu diselipkan agar bisa diterima kembali bekerja di tempat kerja semulanya. Kejadian tersebut berlangsung sampai 2 bulan dan belum nampak dari tanda-tanda terkabulnya do`a.

Pada bulan ketiga tepatnya bulan Oktober, Bibi nya menawari pekerjaan ditempat yang ia harapkan. Namun ada sedikit yang berbeda yaitu bekerja dengan status borongan, yang mana dengan status tersebut biasanya hanya bekerja dalam waktu yang lebih sebentar sekitar 1 sampai 2 bulan. Hal tersebut membuatnya untuk berpikir untuk diambil atau tidaknya tawaran dri bibi nya tersebut. Sejenak Apep berpikir mungkinkah ini jawaban dari doa- doanya dan pertolongan dari Alloh SWT. Maka dengan niat bersyukur atas nikmat Alloh SWT dan untuk memberikan nafkah kepada anak istri akhirnya Apep pun mengambil keputusan untuk mengambil tawaran tersebut.

Apep bekerja dengan rasa Syukur di tempat kerjanya sampai dalam suatu waktu tepatnya ketika melaksanakan Sholat jum`at Ia bertemu dengan mantan atasannya sebelum ia berhenti bekerja dulu. Beliau tidak menyangka Apep sebagai pekerja borongan. Hari pun berlalu , di suatu siang Apep dipanggil oleh bagian Personalia, Ia pun menuju Ruangan Personalia sambil berpikir kenapa Ia dipanggil. Sesampainya di sana Ia diberi pertanyaan pilihan yang harus ia jawab dalam waktu 5 menit . Pertanyaannya adalah

1. Untuk meneruskan bekerja sebagai borongan namun berakhir di akhir bulan

2.Perpanjangan kontrak kerja namun bekerja sebagai petugas kebun.

Maka Apep pun berpikir untuk mengambil pilihan yang tepat untuk dirinya. Waktu terasa lama ketika ia berpikir. Akhirnya Ia pun memutuskan Untuk bekerja sebagai petugas kebun. Walaupun ia merasa belum terbiasa dengan pekerjaan tersebut dan ada sedikit perasaan malu dengan profesi seperti itu. Tanda tangan kontrak pun akhirnya dilaksanakan dan Ia masih bekerja sampai 1 tahun ke depan.

Pada hari-hari pertama menjalani tugas nya ia masih merasa malu apalagi ketika menyapu - nyapu di lingkungan tempat bekerjanya. Kejadian tersebut berlangsung selama seminggu. Namun selanjutnya Ia pun menyadari bahwa semua pekerjaan itu mulia asalkan halal dan yang terpenting bisa membantu menjaga kebersihan lingkungan bukankah kebersihan itu sebagian dari iman. Akhirnya Ia bisa bekerja dengan penuh rasa percaya diri .Apep semakin yakin akan keberadaan Alloh yang senantiasa menolong hambanya dan Apep terus menjaga ke istiqomahan nya dalam beribadah agar hidayah yang ia terima tidak berlalu begitu saja.

Adakalanya Alloh mengabulkan setiap do`a kita namun dengan cara yang berbeda. Kita harus peka dengan setiap pertolongan Alloh, bisa jadi itu adalah bentuk pengabulan dari do`a kita. Bila menjalani segala sesuatu dengan rasa syukur maka kehidupan pun akan tersa lebih nikmat.

Wassallam

Dikirim pada 24 Desember 2011 di Uncategories


Ada seorang teman sebutlah namanya Fulan, bila kita berjumpa selalu membicarakan tentang ilmu. Minimal dia selalu titip beliin buku . Semangat dalam mencari ilmu nya tinggi. Suatu saat Saya membawa suatu barang sebutlah kalender. Rencananya kalender tersebut akan diberikan pada teman yang lain, karena sudah berjanji sebelumnya akan memberikannya. Namun setelah diperlihatkan pada dia, sertinya dia tidak memerlukannya dan justru menyuruhnya untuk memberikannya kepada yang lain saja. Maka yang terlintas pertama di kepala adalah lebih baik memberikannya pada Fulan karena dia sangat tertarik akan ilmu. Semoga dengan kalender ini dia bisa membuat perencanaan di tahun mendatang jauh lebih baik dari sekarang.

Ada ungkapan orang bodoh kalah sama orang pintar.

orang pintar kalah sama orang cerdas.

orang cerdas kalah sama orang jenius.

orang jenius kalah sama orang yang beruntung.

orang beruntung kalah sama orang yang merasa bodoh yang terus belajar.

Maka mari kita upayakan setiap hari untuk selalu menuntut ilmu agar bisa menghadapi masalah - masalah yang setiap hari terus bertambah, dan rizki pun akan datang dengan lebih mudah menghampiri kita. walaupun sudah tidak duduk di bangku sekolah. sesuai dengan pesan dari pemerintah wajib belajar bukan wajib sekolah. Bila kita berhenti mencari ilmu maka akan menjadi orang yang bodoh dan akan mengatasi setiap masalah hanya dengan kemarahan karena tidak tahu ilmunya.

wassallam

Dikirim pada 23 Desember 2011 di Uncategories


Tanpa diasadari ternyata kita sering bercakap-cakap dengan diri kita sendiri. Misalnya ketika bangun pagi di hati kita berujar "ah 5 menit lg tidurnya masih tanggung". Bicara terhadap diri sendiri inilah yang menentukan keputusan kita selanjutnya. Contoh lain bila seseorang akan melaksanakan shaum sunah misalnya, maka di dalam hatinya terjadi pergolakan seperti ` kuat gak ya menjalaninya?". Nah bila kita berusaha bernegosiasi dengan diri biasanya yang paling menetukan adalah keyakinan bukan pikiran. Karena tubuh kita akan merespon seperti apa yang kita yakini bukan seperti apa yang kita pikirkan.

Orang yang sudah ber niat Shaum , insya Alloh akan mampu menjalaninya. Karena sistem metabolisme tubuhnya pun akan menyesuaikan seperti kondisi shaum. namun bila tidak berniat shaum maka sistem metabolisme tubuhnya pun akan menyesuaikan pula. maka orang yang tidak shaum akan merasa cepat lapar ketimbang orang melaksanakan shaum. Begitu pula bila kita meyakini kita bisa sukses atau berhasil maka Insya Alloh suatu hari kita bisa sukses. Namun bila meyakini bahwa dirinya tidak berhasil maka peluang tidak berhasilnya akan semakin besar.

Kita sudah mengenal rukun iman maka tugas kita sekarang adalah benar- benar meyakini nya dan bisa mengamalkan Rukun Islam dengan cara yang ihsan , kemudian mendakwahkannya. walaupun terasa berat Insya Alloh kita pasti bisa bila kita meyakininya. Maka bernegosiasi lah dengan diri dan selalu katakan "Saya bisa!"

Wassallam



Dikirim pada 22 Desember 2011 di Uncategories
Awal « 1 2 3 » Akhir
Profile

Dengan tulisan mewakili isi pikiran. More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 37.430 kali


connect with ABATASA